Kamis, 24 Januari 2013

Semester 1 di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya



Mata kuliah di semester 1 :
 
1.   Pendidikan Agama Islam | 2 sks
2.   Bahasa Indonesia | 2 sks
3.   Bahasa Inggris | 2 sks
4.   Pendidikan Kewarganegaraan | 3 sks
5.   Pengantar Ilmu Hukum |  4 sks
6.   Pengantar Hukum Indonesia | 4 sks
7.   Ilmu Negara | 2 sks

Cukup dibikin setengah gila sama mata kuliah dan dosen pengajarnya -_-
Agak susah ngikutin setiap pertemuannya
 Gak nyambung sama apa yang diomongin dosen
Gak paham sama materi yang seumbruk
Gak ngerti permasalahan hukum yang terjadi
 Jadi.. wassalam

-          PAI
Dosennya ada 2. yang 1 lebih fokus mendidik hati. yang 1 nya lagi otak.
Dosen mengharapkan (tentu saja artinya mewajibkan) mahasiswi nya untuk menggunakan kerudung saat perkuliahan. Kuliah PAI setiap hari kamis. Jadi.. ya begitulah
·         Aku pernah iseng pake kerudung ke kampus (waktu itu bukan hari kamis) gara2 rambutku lepek abess.. dan.. gebetan nyapa “hai mel. hari ini hari kamis ya?” *jlebb

-          BI
Dosen bahasa Indonesia adalah dosen paling menyenangkan selama semester 1 ini. Bapaknya suka ngebanyol. Aahhh pokoknya aku selalu semangat kalo kuliah. Tapi menderita waktu ujian (soal-soal nya tingkat dewa semua. Open book aja aku gak nemu jawabannya -_-)

-          English
Dosennya asik banget. Logatnya waktu ngomong itu lho yang gak nguatin. Jadi.. gue lebih banyak ketawa ketimbang belajar :D

-          Pkn
Kuliah diadakan dihari jum’at sehabis jum’atan dan ini kuliah satu-satunya di hari terakhir minggu perkuliahan. Jadi.. mualesnya minta ampun. Apalagi ngomongnya kurang jelas. Entah microphone nya yang rusak ato emang suara bapak nya yang… ehem geremeng

-          PIH
Untuk dosen saya yang satu ini saya no comment. Saya gak tau. Soalnya selama semester 1 ini berapa kali bapak nya masuk kelas bisa dihitung pake jari tangan (gak butuh bantuan jari kaki)

-          PHI
Ada 2 dosen. Yang 1 sebelum uts dan yang 1 setelah uts. Saya cinta kedua dosen mata kuliah ini. Walaupun dosen yang pertama sangat perfectionis dan agak pelit nilai. Tapi beliau penuh wibawa. Profesor yang saya kagumi.. dosen yang kedua baik banget. Karna jasa beliau nilai saya jadi sangat bagus. Makasih ibu :’)

-          IN
untuk yang satu ini semuanya bermasalah. Dari dosennya, asistennya, sampe materinya. Dosen, sebenernya dosennya enak, suaranya aja kurang besar, sama kalo ngasih soal, amit-amit deh. Asisten dosen, ini yang paling bikin bete, jutek parah, nyebelin. Materi, penuh dengen teori dan pendapat ahli, itu teori ada mulai dari negara muncul, negara berkembang, sampe negara runtuh. Jadi… buayakk

itulah suka duka nya setiap mata kuliah (banyak dukanya ya)

aku galau akut. sempet mikir, apa aku salah masuk jurusan ya?
tapi lama kelamaan sadar, yang salah itu aku karna gak mau belajar. Tugasnya pelajar itu ya belajar. Dulu aku mikir gini, waktu SMA gak belajar aja nilai aku lumayan bagus kok. Tapi aku sadar itu gak berlaku buat mahasiswa. Aku harus belajar. Hasil itu ditentukan oleh proses kan?

Sayangnya saya baru dapet ilham sehabis uts. Telat? Tidak ada kata terlambat guys.. *okebijak

Alhamdulillah. Walaupun saya baru belajar menggunakan metode kebut semalam. IP saya lumayan. Diatas 3.5 lahh :D

Semoga di semester 2 dan semester lanjutannya sampe skripsi diberi kelancaran dan kemudahan sama Allah.. amin


8 komentar:

  1. Wah, seru juga ya belajar di FH UB
    Mau tanya ni, belajar di FH UB apa banyak hafalan2 kyk biologi ato sejarah kyk zaman SMA dulu? Trus jadawal kuliahnya itu padat gag? Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah menghapal seorang hakim saja membawa KUHP saat menangani masalah pidana yg harus di kuasai di FAKULTAS HUKUM adalah ASAS dimana kalo kita mengerti asas sebuah pasal akan di kalahkan oleh sebuah Asas kallo belajar hanya menghapal pasal cukup beli BUKU KUHP doang semua orang bisa hapal yg membedakan mahasiswa hukum dengan orang yg menghapal KUHP adalah mahasiswa hukum mengerti asas sedangkan orang yg mengahapal hanya tau pasal doang hehhehehe..........................

      Hapus
  2. kalo masalah menghapal seorang hakim saja membawa KUHP saat menangani masalah pidana yg harus di kuasai di FAKULTAS HUKUM adalah ASAS dimana kalo kita mengerti asas sebuah pasal akan di kalahkan oleh sebuah Asas kallo belajar hanya menghapal pasal cukup beli BUKU KUHP doang semua orang bisa hapal yg membedakan mahasiswa hukum dengan orang yg menghapal KUHP adalah mahasiswa hukum mengerti asas sedangkan orang yg mengahapal hanya tau pasal doang hehhehehe..........................

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasal-pasal bisa hafal karena terbiasa. terbiasa dibaca, terbiasa dipelajari :)
      tapi saya agak kurang setuju dengan pernyataan mas yang bilang kalau "sebuah pasal akan dikalahkan oleh sebuah asas". pasal-pasal yang ada didalam Undang-undang kan dibuat dengan acuan asas-asas yang ada. ketika pasal dan asas bertentangan tentu arahnya pembicaraannya berbeda

      Hapus
  3. uang pertama FH UB berapa kak? aku lumayan tertarik sama FH UB,, makasih :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kurang inget berapa nominal tepatnya. tapi pasti untuk biaya kuliahnya beda sama aku. soalnya mulai angkatan 2013, pake sistem UKT (uang kuliah tunggal) :)

      Hapus
  4. Hai kak. Aku baru mau naik kelas 3 tahun ini. Dan aku masih galau banget mau kuliah jurusan apa. Papaku nyaranin untuk diHukum. Tapi aku dr IPA. Kira-kira bakalan sulit gak ya? Terimakasih Kak atas blognya saya menjadi tambah galau mau masuk jurusan apa hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. memangnya kamu sendiri maunya jurusan apa?
      kalau kamu memang maunya juga kuliah di jurusan hukum, insyaAllah nggak susah kok. banyak temen2ku yang pas SMA juga jurusan IPA :)

      Hapus